Minggu, 13 Februari 2011

Kita Adalah Sahabat Terbaik Mereka

"My parents are my best friend,,,,"
kata-kata yang begitu dalam untuk sebuah ungkapan kasih sayang ( aku & orang tua ku yach...)
akan ku katakan pada dunia....wow..
I LoVe U FuLL My Mom & Dad
 

sebuah ungkapan mengatakan “harta  yang paling berharga adalah keluarga”. Keluarga adalah tempat pertama kali kita mendapatkan kasih sayang, hangatnya ciuman, lembutnya belaian, indahnya senyuman dari orang-orang terdekat kita. Keluarga juga tempat pertama kali kita belajar mengenal sesuatu, belajar memahami sesuatu, bahkan belajar untuk berinteraksi dengan sekeliling kita.



kalanya dalam keluarga terdapat tawa dan keceriaan, namun tatkala roda kehidupan berputar keluarga juga mengalami duka dan airmata. Begitu banyak kenangan indah tentang keluarga yang jika dinilai harganya, pasti tak pernah bisa tergantikan dengan apapun. Namun apabila keluarga sudah tidak bisa memberikan rasa nyaman bagi penghuninya, bisa dipastikan keluarga itu sudah tidak ada nilainya lagi. Seorang ayah, ibu, anak, dan anggota yang lain dalam keluarga pastilah memiliki keterikatan antara satu dengan yang lain.

Apabila salah satu anggota mendapatkan kebahagiaan, anggota yang lain pasti ikut merasa senang, begitu juga dengan sebaliknya. Hal seperti ini tentunya sangat wajar karena adanya keterikatan tersebut. Anak yang merupakan anggota keluarga paling muda merupakan objek yang paling merasakan dampak dari adanya keluarga. Apabila sebuah keluarga dibangun dengan harmonis, maka keluarga akan bisa memberikan kontribusi yang luar biasa pada si anak. Sebaliknya, jika keluarga sudah dianggap neraka bagi si anak, maka secerdas apapun anak tersebut perkembangannya akan menjadi terhambat.

Lalu bagaimana supaya keluarga bisa memberikan rasa nyaman bagi si anak? Menjawab pertanyaan ini tentunya dimulai dari kita sebagai orang tua. Sebuah penelitian mengungkapkan, sebanyak 60 % keluarga memiliki peranan dalam membantu perkembangan jiwa si anak, sedangkan sisanya dipegang oleh peranan sekolah dan lingkungan. Orang tua adalah orang terdekat bagi si anak. Posisi penting ini seharusnya bisa membuat setiap anak mengungkapkan curahan hatinya ketika ia sedang dilanda masalah. Posisi nomor wahid ini seharusnya bisa membuat orang tua sebagai tempat untuk meluapkan kegembiraan ketika si anak sedang mendapatkan kebahagiaan. Namun kenyataannya, tidak semua orang tua mau memanfaatkan posisi penting itu. Tidak sedikit anak, ketika mereka sedang dilanda masalah lebih suka lari ke orang lain seperti ke teman, atau yang lebih parah lari ke hal-hal yang negatif seperti minum-minuman keras atau narkoba. Hal seperti ini banyak terjadi karena anak sudah tidak percaya lagi kepada orang tuanya. Orang tua sudah tidak bisa dijadikan teman untuk diajak berbagi, tidak bisa dijadikan tempat curahan hati sehingga fungsi keluarga seperti sudah mati.

Sebenarnya banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan agar keluarga menjadi tempat yang paling menyenangkan bagi anak-anak kita. Masuk ke dunia mereka dan menjadi sahabat mereka adalah langkah pertama yang bisa kita lakukan. Kalaupun kita termasuk golongan orangtua yang sibuk bekerja, ada baiknya meluangkan sedikit waktu khusus buat mereka. Menggunakan waktu yang sedikit itu menjadi pertemuan yang berkualitas. Memberikan tanggung jawab dan kepercayaan, mengajak bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah adalah beberapa contoh yang bisa kita lakukan untuk membuat si anak merasa dianggap sebagai bagian dari keluarga. Kesalahan terbesar yang mungkin kita lakukan adalah kekurangpercayaan kita kepada si anak bahwa mereka bisa diberikan tanggung jawab. Padahal pendidikan seperti itu bisa membuat anak tidak percaya diri dan malas berusaha. Di samping beberapa hal di atas, masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan perhatian kita kepada mereka.

Memberikan penghargaan atas setiap kesuksesan atau prestasi yang mereka raih, hadir di setiap moment-moment penting mereka, menghargai pendapat mereka dan banyak lagi. Kita sebagai orang tua harus merasa yakin bahwa kita adalah sahabat terbaik bagi mereka. Jangan sampai posisi itu diambil alih oleh orang lain apalagi oleh lingkungan buruk yang sekarang ini merajalela di mana-mana. Jadikan keluarga adalah tempat terbaik, ternyaman, dan teraman bagi mereka dan dapati nama kita ada di hati mereka. InsyaAllah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar