Rabu, 23 Februari 2011

5 Tips Mengasuh Anak Kembar

Mengasuh Anak kembar membutuhkan seni dan tantangan tersendiri. Oleh karenanya persiapkan diri untuk kejutan-kejutan yang akan terjadi pada anak kembar Anda.

Beberapa hal yang biasanya terjadi pada anak kembar adalah hubungan dan ikatan batin yang erat pada sehingga mereka seringkali mengidentikkan dirinya sama dengan kembarannya. Inilah yang membuat mereka seolah menjadi satu seperti kehilangan dirinya sendiri.

Karenanya, tantangan terbesar dalam mengasuh anak yang terlahir kembar adalah memperlakukan mereka sebagai dua individu yang berbeda satu sama lain.

Berikut ini lima tips mengasuh Anak kembar yang dapat Anda terapkan pada anak-anak Anda.


Buat Kesepakatan dengan Suami

Kedua orang tua, baik ibu maupun ayah sebaiknya mempunyai pola Pengasuhan dan pendidikan yang sama pada anak-anaknya. Jika tidak ada kesepakatan antara keduanya, bisa jadi ibu dan ayah memberikan dua hal yang berbeda yang membingungkan anak atau malah membuat anak mendapatkan peluang untuk memilih yang paling mereka sukai saja.

Ada baiknya sejak awal Anda sudah menyepakati bagaimana mengasuh anak Kembar Anda. Tetapkan tujuan bersama bahwa anak-anak semestinya tumbuh menjadi dua pribadi yang unik dengan kelebihan masing-masing, meskipun mereka terlahir kembar.

Kadangkala, orang tua yang memperlakukan anak kembar dengan istimewa justru membuat anak kembar susah berkembang kepribadian dan keunikannya. Pola pengasuhan orang tua juga kadang menguatkan mereka untuk tumbuh identik satu sama lain sehingga sulit menjadi pribadi yang tunggal. Apalagi secara psikologis mereka memiliki kedekatan karena sejak dalam kandungan sudah bersama.

Tidak Selalu Memberikan dan Mengenakan Barang yang Sama

Rasanya menyenangkan melihat anak kembar mengenakan pakaian yang sama persis. Tetapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sebenarnya kurang bijaksana?

Memberikan dua barang yang sama persis membuat mereka diperlakukan sama satu sama lain. Karenanya, janganlah selalu membelikan atau memberikan pakaian, sepatu, atau apapun yang sama.

Bedakan kepemilikan barang-barang tersebut. Jadi masing-masing anak memiliki barang milik pribadi. Ajak mereka bertanggung jawab terhadap barang-barang yang mereka miliki.

Memberikan Kebebasan untuk Memilih Aktivitas yang Disukai

Anak kembar seringkali sulit berpisah dari kembarannya. Oleh karenanya, latihlah mereka untuk tidak selalu bersama sejak kecil. Berilah ruang untuk masing-masing individu misalnya dengan memberikan kamar terpisah, lemari terpisah, dan juga kegiatan yang berbeda.

Cobalah berbagai kegiatan dan biarkan mereka menentukan mana yang paling mereka sukai tanpa tergantung pada apa yang disukai kembarannya. Berikan pengertian bahwa melakukan aktivitas yang disukai meskipun tidak sama dengan kembarannya bukan sesuatu yang salah. Doronglah mereka untuk berteman dengan anak-anak lain, bukan hanya bersama kembarannya.

Mengajarkan Untuk Bertanggung Jawab Terhadap Kesalahan Mereka Sendiri

Apabila salah satu anak membuat kesalahan, berikan punishment untuk anak yang bersalah. Bersikaplah adil pada mereka. Bisa jadi hal ini membuat salah satu anak yang tidak dihukum ikut merasa sedih.

Namun pada akhirnya dia akan bisa memahami bahwa meskipun dia sedih, hukuman itu memang sudah seharusnya diterima kembarannya karena kesalahannya. Dan dia tidak perlu merasa bertanggung jawab karena kesalahannya itu apabila memang tidak ikut melakukan kesalahan.

Tidak Mengistimewakan Si Kembar Dengan Anak yang Terlahir Tunggal

Tips mengasuh anak kembar ini juga sebaiknya juga dilakukan dengan memperhatikan anak lainnya apabila Anda mereka mempunya kakak atau adik yang terlahir tunggal.

Jangan mengistimewakan anak kembar dibandingkan anak tunggal, misalnya dengan selalu menegur dia jika berbuat kesalahan dan membiarkan si kembar jika berbuat hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar